« Home | Hikmah Ramadhan " Bogor-Jakarta " » | Marhaban Ya Ramadhan.. » | Khutbah Nabi Muhammad S.A.W Menyambut Ramadhan » | Jadikanlah aku." Pencinta Al-Qur'an " » | Terpatri hati ini untuk-Mu... » | "Tamu" yang dirindukan... » | Pengujian..yang dinanti... » | Sambel Kentang Ummi... » | Bahaya Minum berdiri » | " Karyawan " yang manakah kita ?? » 

Friday, September 29, 2006 

Keutamaaan Ramadhan

Bismillah.. Semoga kita masih tetap semangat menjalankan aktivitas shaum dan rangkaian ibadah sampai dengan hari ke-6 Ramadhan ini. Untuk lebih menyemangati diri, berikut ane cantumin beberapa keutamaan bulan Ramadhan beserta dengan hadistnya. Semoga bermanfaat.
Keutamaan-keutamaan Ramadhan yang terkandung dalam Al-Qur'an dan hadist adalah sebagai berikut :

1.Meraih predikat orang bertaqwa ( ghoyah tertinggi).

Allah telah memberikan jaminan predikat ( sertifikasi ) kepada orang yang menjalankan puasanya dengan kesungguhan diri dalam pelaksanaanya .Sebagaimana yang Allah berfirman : "Wahai orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa." (QS 2 : 183)

2.Bulan penuh berkah bagi umat islam.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti-nantikan karena didalamnya Allah memberikan banyak keberkahan bagi yang menyambut seraya mengisinya dengan aktivitas ibadah. Sebagaimana halnya tercantum dalam Hadist Riwayat At-Thabrani:" Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, penghulu segala bulan. Selamat datanglah kepadanya. Bulan puasa datang dengan berbagai berkah. Alangkah mulianya tamu yang datang itu”.

3.Kesempatan untuk beramal dengan dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka serta di belenggunya syaitan.

"Sesungguhnya telah datang padamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi, Allah
memerintahkan berpuasa di dalamnya. Pada bulan itu, dibukakan segala pintu surga, dikunci segala pintu neraka dan dibelenggu syetan-syetan. Di dalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Barangsiapa yang tidak diberikan kebajikan malam itu ,berarti telah diharamkan baginya segala rupa kebajikan." (HR. An Nasai dan Al Baihaqi)

4. Bulan yang dipilih Allah untuk " Lailatul Qadar "

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam kemuliaan.Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu ? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS Al Qadr [97]:1-5)

5. Ganjaran diberikan oleh Allah tanpa perantara.

Dari Abu Hurairah RA berkata : Rosulullah bersabda : Allah berfirman, "Setiap amal anak Adam adalah baginya kecuali puasa, sesungguhnya puasa itu adalah milikku dan aku yang akan membalasnya. Dan puasa itu merupakan penyelamat dari api neraka. Apabila salah seorang diantara kalian berpuasa maka janganlah berkata keji dan melakukan hiruk pikuk (mengganggu dengan suaranya). Apabila ada seseorang yang menghina kamu atau berkeinginan membunuh mu katakanlah kepadanya, "saya sedang puasa". Demi jiwa Muhammad yang ada ditangan-Nya.

6. Penyelamat dari Api neraka.

Man faridha biduhuli romadhona haromallohu jasadahu alanniron. "Barang siapa yang bergembira dengan datangnya bulan ramadhan maka ALLAH mengharamkan jasadnya atas api neraka". (Riwayat Baihaqy)

7. Bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi disisi Allah daripada wangi kesturi ( Misk ).

“Dan yang jiwanya di dalam kekuasaannya, bau mulut yang sedang shaum itu lebih wangi di sisi Allah SWT dibanding kesturi ( Misk ), ia meninggalkan makan, minum serta syahwatnya karena Aku, maka shaum adalah untuk-Ku.” (HR Bukhari).

8.Mendapatkan dua kebahagiaan yaitu apabila berbuka puasa maka ia berbahagia dengan iftornya, dan bila ia bertemu dengan Rabbnya maka dia bahagia dengan puasanya.

Rasulullah saw. bersabda: Ada dua kebahagiaan yang diperuntukkan bagi orang yang berpuasa; kebahagiaan ketika berbuka puasa dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Tuhannya. (HR. Bukhari dan Muslim).

9.Dilipat gandakan minimal 10 X lipat sampai 700 X lipat bahkan lebih dari itu kalau Allah menghendaki.

Didalam riwayat Bukhari, "..meninggalkan makanannya, minumnya dan syahwatnya karena Aku. Puasa adalah milik-Ku dan Aku yang akan membalasnya. Dan setiap kebaikan dibalas dengan 10 pahala yang serupa". Sedangkan diriwayat Muslim, Setiap amalan anak Adam dilipat gandakan : setiap kebaikan dibalas 10 X lipat sampai 700 X lipat."

10.Mengantarkan Assoimun kesurga dengan memasuki pintu khusus yang bernama " Ar Royan ".

Rosulullah bersabda, " Sesungguhnya di surga terdapat pintu yang bernama Ar-Royyan yang pada hari kiamat akan dimasuki oleh kelompok orang-orang yang melakukan puasa tanpa menyertai kelompok lainnya..." ( HR Bukhori dan Muslim ).

11.Akan dijauhkan wajahnya dari neraka sejauh 70 khorif (khorif sekitar perjalanan 70 tahun) / sekitar 4900 tahun perjalanan.

Rosulullah bersabda, " Barang siapa yang berpuasa satu hari dijalan Allah (karena Allah) maka Allah akan menjauhkan wajahnya dari neraka sejauh 70 Khorif."

12. Akan diampuni segala dosanya yang lampau.

Rosulullah bersabda, "Barang siapa yang berpuasa dengan penuh keimanan dan semata-mata karena Allah serta mengharapkan pahala-Nya maka akan diampunkan segala dosanya yang lampau." ( HR Bukhori dan Muslim).

Semoga beberapa penjabaran mengenai keutamaan Ramadhan ini membuat kita lebih semangat lagi tuk merengkuh Ramadhan nan Agung dengan memaksimalkan aktivitas ibadah kita, agar setelah lepas darinya kita ada secerca cahaya perubahan menuju Predikat "La'al lakum tattaqun ".Amin

smoga amal ibadah dan puasa kita di bulan ini diterima Allah SWT...amiiinnn ya robbal'aalamiin [-o<

Amin..

Post a Comment

Renungan


>> Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orng lain

>> Tiada mutiara seindah lantunan do'a pada Ilahi

>> Ketahuilah sesama muslim itu bersaudara

>> Senyumlah kepada saudaramu sebagai suatu ibadah ringan yang kamu lakukan

>> Allah SWT menyukai keindahan

>> Sampaikanlah suatu kebenaran walaupun itu terasa pahit bagi dirimu


Salam Kenal




  • Ane Unknown
  • From
*selengkapnya



^_^ Anda Pengunjung ke..

Sekapur sirih


    Nama :
    Email/Blog :
    Pesan :

Links




Member Of


Powered by Blogger
and Blogger Templates