« Home | Keutamaaan Ramadhan » | Hikmah Ramadhan " Bogor-Jakarta " » | Marhaban Ya Ramadhan.. » | Khutbah Nabi Muhammad S.A.W Menyambut Ramadhan » | Jadikanlah aku." Pencinta Al-Qur'an " » | Terpatri hati ini untuk-Mu... » | "Tamu" yang dirindukan... » | Pengujian..yang dinanti... » | Sambel Kentang Ummi... » | Bahaya Minum berdiri » 

Wednesday, October 04, 2006 

"8 K" Didikan Ramadhan

Alhamdulillah masih disampaikannya diri ini di 11 Ramadhan, pagi ini ane teringat request dr Ahriyan n kang Unay untuk nulis resume dr kajian Dzuhur yang sdh dilaksanain senin 2 Oktober 2006 kmrn.Duh ngerasa ngk enak juga nich udh 2 hari blom ditulis abis lumayan sibuk he..he.. akhirnya Alhamdulillah baru sempet dech skrng.

Kajian ba'da Zuhur senin kemarin, yang bertindak sebagai nara sumber adalah Ust.Sona'i Abdurrohman,LC. Beliau adalah Pengisi Kajian Islami radio Gema Annisa.yang berkesempatan membawakan sebuah tema yang cukup memacu diri "8 Didikan Ramadhan (8 K)".Dalam kajian yang berdurasi sekitar 40 menit itu,beliau memaparkan 8 didikan yang dikenal dengan 8K yg apabila manusia dapat menjalankan didikan Allah dibulan Ramadhan ini akan mengalami suatu perubahan yang tercermin dalam perilaku dan sifat diri ba'da Ramadhan nanti.8 Didikan itu Terpapar berikut :

1. Kesabaran

Bulan Ramadhan yang suci ini sudah jelas melatih kesabaran diri kita,disamping sabar menahan lapar dan dahaga dikala berpuasa,namun yang terberat adalah sabar menahan hawa nafsu yang mungkin di 11 bulan sebelumnya sulit terkontrol tapi dalam bulan ramadhan ini nafsu benar- benar dikekang untuk turut berpuasa.


Terlatihnya kesabaran ini membuat diri lebih terjaga dari hal-hal yang mendekati kepada kemaksiatan, seseorang dinyatakan lulus dalam didikan ini akan menempatkan sifat sabar diri yang utama dalam menempa dirinya tuk menjadi lebih baik. Sabarnya diri dalam mencari pundi-pundi Ridho Ilahi yang khan memberikan pertolongan kepadanya seperti halnya Allah berfirman :"Wasta`inu bishshabri washshalat ..."Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat ... (QS al-Baqarah 2: 45)

2.Kesungguhan

Dalam Ramadhan ini setiap individu akan dituntut untuk bersungguh-sungguh dalam menjalan kan ibadah baik ibadah dalam Hablumminallah dan juga Hablumminanasnya. Karena setiap individu terpacu akan berlipat gandanya nilai kebaikan, serta jaminan akan pengampunan dosa yang telah lalu bagi yang bersungguh-sungguh menjalankannya. "Barangsiapa berpuasa Ramadhan dengan sepenuh iman dan kesungguhan, maka akan diampunkanlah dosa-dosa yang pernah dilakukannya.” (HR Imam Bukhari, Imam Muslim dan Imam Abu Daud. Dengan didikan kesungguhan ini,akan terlihat hasilnya dalam 11 bulan berikutnya dalam setiap tindak tanduknya baik kesungguhan dalam beribadah maupun dalam muamalahnya

3. Kejujuran

Sifat jujur khan lebih tertanam dalam diri individu seseorang tatkala dia meninggalkan bulan Ramadhan. Ramadhan melatih sesorang untuk menempatkan kejujuran dalm setiap tingkah lakunya,mungkin pada 11 bulan yang lalu jujur mendapat tempat kesekian dalam keseharian kita, tapi dibulan ini jujur memperoleh tempat teratas dalam diri tatkala kita takut akan rusaknya pahala dan ibadah shaum hanya karena ketidak jujuran.kembali kita merenungi mulianya tempat bagi para orang - orang yang menempatkan kejujuran ( shidiqqin ) dimata Allah." Dan barang siapa yang menaati Allah dan Rasul (Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya".( Q.S.An-Nisaa':69 )

4. Kepekaan Sosial

Dibulan ramadhan kepekaan akan membantu sesama akan lebih terlihat secara johir.Hal ini dikarenakan banyaknya event-event sosial yang diadakan baik perorangan ataupun instansi seperti halnya Baksos, Santunan anak Yatim, sampai dengan mengadakan acara buka puasa bersama. Sungguh Ramadhan mendidik kita untuk saling berinteraksi sosial akan sesama dengan ganjaran yang sangat indah diberikan Allah akan hambanya yang berinteraksi sosial membantu sesama.Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:"Barangsiapa yang memberi buka orang yang puasa akan mendapatkan pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun" ( Hadits Riwayat Ahmad (4/144,115,116,5/192) Tirmidzi (804), ibnu Majah (1746), Ibnu Hibban (895), dishahihkan oleh Tirmidzi).Seseorang yang telah berhasil dilatih kepekaannya akan menerapkan kepekaan sosialnya akan membantu sesama di 11 bulan berikutnya. Artinya terus membantu sesama tanpa dibatasi ini adalah bulan ramadhan atau bukan.

5. Kejernihan Berfikir

Dalam menjalankan shaum Ramadhan seseorang untuk berpositif thinking atau menjernihkan pikirannya dari hal-hal yang menuntun kepada kemaksiatan.melalui mempuasakan panca indera jernihnya pikiran bisa diraih.Ingatlah beberapa karya tulis besar terlahir dibulan suci Ramadhan,hal ini berarti Ramadhan membawa kejernihan pikiran sehingga dapat mengeluarkan pemikiran dan ide yang brilian yang menghasilkan hasil yang terbaik. Seseorang yang terlatih pikirannya akan keluar dr Ramadhan dengan kesiapan menghadapi rintangan dakwah yang mendera.

6. Kelembutan Hati

Subhanallah Ramadhan syahrul Mubarak benar-benar melatih diri untuk bersikap lembut hati dalam segala hal, peka dalam bermasyarakat.Puasa Ramadhan menjadi salah satu obat hati yang mujarab untuk mengapai ridho ilahi.Raden Maulana Makdum Ibrahim, atau yang lantas dikenal dengan Sunan Bonang telah membuat lima resep hati yang terkenal dengan " Tombo Ati ", salah satunya adalah dengan berpuasa.Hati ini senantiasa kotor bila tidak dijaga,alangkah indahnya Ramadhan yang melembutkan hati seseorang.

7. Kesehatan

Banyak sekali faidah atau manfaat dr berpuasa jika dilihat dari segi kedokteran ataupun kesehatan. Subhanallah, Alangkah Agung Allah Ta'ala yang telah memerintahkan hambanya untuk berpuasa.Banyak sekali manfaat puasa untuk kesehatan, ustad sona'i memberikan sebuah referensi buku " Indahnya Ramadhan dirumah kita " yang didalamnya terkandung beberapa penyakit yang tersembuhkan karena puasa.

8. Ketaqwaan

Puncak pahala dan ganjaran dari berpuasa di bulan suci Ramadhan adalah diperolehnya predikat " La'allakum Tattaqun"( Al-Baqarah :183 ),predikat Taqwa dari Allah bagi yang bersungguh sungguh karena-Nya menjalankan shaum Ramadhan.Terbukanya jalan menuju surga bagi yang meraihnya, subhanallah.Seseorang yang lulus dalam "pesantren" Ramadhan akan mengarungi hidup di bulan-bulan berikutnya dengan tawadu' dan senantiasa berserah diri hanya kepada-Nya

Alangkah muliannya Allah yang menjadikan Ramadhan sebagai "lembaga pendidikan "bagi hamba-hamba Nya. Alhamdulillah ane dapet tambahan spirit lagi melalui kajian ini.Semoga kira Allah menambahkan Ilmu bermanfaat utk kita semua. Wallahu alam

Renungan


>> Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orng lain

>> Tiada mutiara seindah lantunan do'a pada Ilahi

>> Ketahuilah sesama muslim itu bersaudara

>> Senyumlah kepada saudaramu sebagai suatu ibadah ringan yang kamu lakukan

>> Allah SWT menyukai keindahan

>> Sampaikanlah suatu kebenaran walaupun itu terasa pahit bagi dirimu


Salam Kenal




  • Ane Unknown
  • From
*selengkapnya



^_^ Anda Pengunjung ke..

Sekapur sirih


    Nama :
    Email/Blog :
    Pesan :

Links




Member Of


Powered by Blogger
and Blogger Templates